Pages

Juni 12, 2014

Membuat LCD Bekas Laptop Menjadi Monitor / LCD TV

Nah, sekarang saya mau share tips untuk membuat lcd bekas laptop atau monitor lcd yang boardnya udah rusak, dalam arti panel lcd nya masih bagus menjadi barang yang dapat kita manfaatkan kembali. Tentunya kita tidak membuang barang-barang yang masih bisa kita manfaatkan.

Jadi, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mencatat "Model Panel" yang kita miliki. Untuk mendapatkan Model Panel ini, kita harus membongkar lcd kita, baik itu lcd bekas laptop atau lcd bekas monitor. Letak Model Panel tersebut ada di belakang lcd perhatikan gambar berikut


Silahkan di catat atau di foto, biar kita gak capek bongkar lcd dikarnakan kita lupa Model Panel yang kita miliki. Kenapa kita memerlukan Model Panel ini,..?? Model Panel ini bertujuan untuk mengetahui spesifikasi, firmware dan kabel LVDS yang akan digunakan nantinya. Biasanya para penjual sparepart sudah menyiapkan dan mengatur semuanya, jadi kita tinggal memberikan model panel saja.

Setelah kita mengetahui Model Panel yang kita miliki, kita hanya perlu membeli satu buah alat yang disebut "LCD CONTROLLER BOARD"  jika kita ingin menjadikan lcd kita sebagai monitor atau "LCD TV CONTROLLER BOARD" kalau kita ingin menjadikan lcd kita sebagai lcd tv sekaligus monitor.


LCD CONTROLLER BOARD


LCD TV CONTROLLER BOARD


Salah satu tempat saya membeli sparepart ini ada disini. Selain terpercaya harga nya juga relatif murah.

Setelah kita membeli alat tersebut kita hanya tinggal memasang saja, selain itu kita juga perlu memodifikasi atau membuat tempat untuk peralatan tersebut. Tinggal setupai-tupainya pandai melompat. hehehe
Nih lihat yang udah saya buat,..






Oh ya, saya lupa satu hal, kalau ingin cek spesifikasi Panel LCD tinggal di tulis saja ke mbah google dengan kata kunci " *Model Panel* data sheet" contoh LTN141W3-L01 data sheet.

Selamat Mencoba, semoga sukses

77 5komentar:

  1. gan...mau nanya....dimana belinya controller lcd atau tv lcd kontroller??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru d balas gan,..
      belakangan ini lagi sibuk,.
      kemaren saya dapet beli di kaskus
      ini link nya
      http://www.kaskus.co.id/thread/52dfe5d619cb17e24f8b45c5/universal-board-lcd-tv-support-vgahdmiavaudiousbtv/1

      Hapus
  2. kalo dibalik bisa gak gan?
    monitor pc dipakai buat leptop? cz leptopq lcd nya mati dan punya monitor pc nganggur

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya mah bisa mas. hubungkan aja kabel VGA dari monitor ke colokan VGA laptop. seperti menghubungkan laptop ke LCD Projector.
      CMIIW

      Hapus
    2. Nah bener itu kata mas Bayu,..pastinya bisa,..cuma yg ga bisa itu body lcdnya yg ga cukup ke body lcd laptop

      Hapus
  3. abis berapa tu bos mbuat gituan? (diluar biaya LCD) hehe..

    itu dihubungkan ke receiver parabola atau gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cuma beli ucb nya saja habis 250k gan,..kalo di tambah inverter dan power suply harga biasa tergantung jenis inverter dan power suplynya

      Hapus
  4. kalo nyambungin lcd nganggur ke smartphone gimana step2 nya gan?
    ane punya tablet rusak pengen ane sambungin ke s**sung S4 ane. lumayan bisa dimaenin dengan layar lebih gede... : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo itu saya msh belum pernah nyoba gan,..

      Hapus
  5. dimana gan beli LCD Controller Board nya? kira2 berapa duit?? bls k mail y.., thanks..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren saya beli di sini gan
      http://www.kaskus.co.id/thread/52dfe5d619cb17e24f8b45c5/universal-board-lcd-tv-support-vgahdmiavaudiousbtv/1
      dicek saja harga sudah ada d sana..

      Hapus
  6. masbro saya mau nanya nih...
    apakah lcd monitor yg dah dbuat taseperti itu bisa kita sambungkan dengan kamera pengintai?? gw tunggu jwbanan,a masbro>> thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamera pengintai gmana nih maksudnya? CCTV?
      klo CCTV bisa bro, kan ada colokan hdmi atau vga, tinggal colok k dvr langsung

      Hapus
  7. bang , kira" klw pesan barangnya untuk kiirim ke makassar boleh nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalo itu tanya penjualnya aja bro, disini saya cuma posting caranya aja.
      kalo berminat silahkan kunjungi ini
      http://fjb.kaskus.co.id/product/52dfe5d619cb17e24f8b45c5/universal-board-lcd-tv-support-vgahdmiavaudiousbtv
      kontak langsung sama penjualnya yah :)

      Hapus
  8. gan supaya bisa nonton tv gimana gan?

    BalasHapus
  9. Webcam dijadikan cctv caranya gmn Gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal pasang aplikasi perekam (video recorder) aj bro,..di google banyak kok :)

      Hapus
  10. Gan bisa bantu saya membuat lcd lktop menjadi tv g ? Untuk peralatn controler lcd bordnya tk pesan anda.. Saya udh cari blum dapt. Mohon bls alifhermaulana@gmail.com atau sms aja 089664707381 saya tunggu kabrnya

    BalasHapus
  11. mas bro
    bagian inverter itu buat apa sih
    kalu ga pake inverter bisa ga
    makasih artikelnya ,, sipp sipp

    BalasHapus
    Balasan
    1. inverter itu buat nyalain lampu backlightnya bro,..
      tergantung lcdnya sih,.ada yang lampu backlightnya power di ambil dari main board langsung, so cek lcd nya bro

      Hapus
    2. LCD nya saya pasang dilaptop lain masih oke 100 %
      jadi kalu gitu masih butuh inverter gak mas??
      makasih jawabbnya

      Hapus
    3. hmm,..masalahnya bukan LCD nya dipasang di laptop lain nyala apa ngga..
      gini aja deh coba liat gambar https://goo.gl/bLKX44..ada ga? kalo ada berarti harus menggunakan inverter

      Hapus
  12. bro kan saya punya laptop trus lcdnya saya lepas ,
    trus untuk bikin kyak bro gmn ni bro, bro jga belum jelasin tentang sambungan listriknya ,,
    mkasih mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sudah dilepas, seterusnya cek model panel, kemudian beli alatnya,..maaf mengenai artikel saya yang kurang jelas. Beli alatnya ini maksud nya sudah lengkap dengan power suply nya,..jadi nanti kita hanya tinggal merakit saja..kayak bongkar pasang lego.
      kalo masih kurang jelas nanti saya bikinkan skema pemasangannya.

      Hapus
    2. makasih ya mas bro ...

      Hapus
  13. soket kabel lcd bekas laptop kabel lvdsnya kan beda gmn cara menghubungkanya dengan universal-board-lcd-tvnya ms bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga mau repot modif lvds, beli aja sekalian bro,.di tempat saya beli universal-board-lcd-tv ada jual lvds nya

      Hapus
  14. Kalo lcd laptop yg retak bakal kepake apaan ya gan? Semoga menjadi bahan percobaan saya selanjutnya nih kalo masih bisa dipake menjadi something hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo panel sudah retak, kemungkinan ada beberapa bagian yang mati atau hitam gelap,.bisa juga cuma kacanya saja yang retak,.
      kemaren sempat baca tentang pemotongan panel, cuma keliatan lebih rumit,.kita juga mesti menyesuaikan Tcon panel, saya belum pernah coba.
      hehe

      Hapus
  15. Sya punya lcd bekas d jok mobil om,sya cek msh nyala (no signal gtu) cm ada kabel tv out,R dan L dan dc 12v. Apa d pasang board itu bs bwt tv?? Mksh

    BalasHapus
  16. gan salam kenal
    dari firman nak banten
    gan mw tanya nh... satuan dari kaki kaki nya LCD mmpunyai nilay atau skema nya sprti apa gth.. ane blum ngeh...
    Tolong bantu nh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga
      sya ga terlalu mendalami tentang kaki-kaki panel ini, coba cek saja di http://marsonotv.blogspot.co.id/2015/03/cara-memotong-jalur-ckv-ckvb.html sapa tau nemu

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. terimakasih\. jadi punya pengalaman baru

    BalasHapus
  19. gan kalau mau menggunakan tv tunner pada controller boardnya gmn iah?
    apa tinggal tancep udh instalasai sndri atau gmn?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmm, perlu diperhatikan lcd controller board itu hanya bisa menjadikannya monitor biasa, kalau lcd tv controller board itu menjadikan lcd tv, berati ga perlu pake tv tuner.
      kalau agan belinya lcd controller board dan agan mau bisa jadi tv ya berati harus nambah tv tuner, tinggal colok aja kek dipake di monitor biasa

      Hapus
    2. Maaf,,, berarti klo mo buat nyalain dvd berarti belinya cukup lcd controller board aja udah bisa ya,,,??

      Hapus
  20. bro minta skemanya , sya kurang ngerti nyambunginya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps learning boleh ya saya juga pengen tau skemanya hehehehe

      Hapus
    2. Skema pemasangannya mudah kok gan. Tinggal colok aja kabel lvds ke panel lcd sama colok kabel lampu ke inverter, udah beres kok. Terakhir colok ke listrik pln.

      Hapus
  21. mas kalau remotenya rusak gimana ya?bisa pakai remote universal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ga tau jg saya kalo pake remote universal bisa ap kaga...

      Hapus
  22. Gan model yg dicontohih agan sama kayak model punya lcd ane, belinya dimana yg udah tinggal pasang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belinya di kaskus gan, sama agan mayda eko. Ada kok linknya d atas

      Hapus
  23. Om, saya mau ganti monitor lcd ke lcd kecil(super mini) gmn yah..
    Saaya mau bikin proyektor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, cari board yang sesuai jenis lcd nya om, kalo mau yang kecil2 gitu coba2 pake arduino aj

      Hapus
  24. gan saya sudah beli kontrollernya, kemarin pas bongkar salah pasang kabel power di speaker, jadi sekarang gk bisa suara lagi, ada solusi gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wew
      Mungkin ic audio udah kebakar. nyari part aja psti susah, ga punya solusi saya. Kecuali lembiru 😉

      Hapus
  25. KALAU MENGGUNAKAN MAINBOARD BEKAS MONITOR LCD BISA TIDAK , MOHON PENCERAHANNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini maksudnya gimana ya? gagal paham saya.
      Kalo maksudnya mau pasang board bekas monitor ke lcd lain pastinya bisa. Tapi dengan ketentuan bisa susun kabel lvds nya sama upgrade firmware nya

      Hapus
  26. klo buat tv berati di tambahin tv tuner ato g gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Pastikan saja yang dibeli itu lcdtv controller board

      Hapus
  27. gan saya mau boardny dimn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya beli di kaskus, onshop id lainnya juga ada banyak.

      Hapus
  28. gan maaf itu sudah termasuk sama power supply blum ya paket boardnya? thanks infonya

    BalasHapus
  29. bos, saya mautanya, jika ingin mengubah lcd leptop jadi tv itu apa aja yang diperlukan bos,,?

    BalasHapus
  30. mas saya pingin banget mendalami dunia lcd. soalnya banyak barang saya terutama HP yang lcdnya masih bagus dan bisa dimanfaatkan. Kalau buat LCD kecil sekitar 3.5" milik hp querty, bisa ngak menjadi layar tv dengan penambahan tv tuner diluar? Buat dong tutorialnya soalnya jarang banget yang posting TV mini gitu. salam.

    BalasHapus
  31. bagus artikelnya,msh bnyk org yg blm paham,saya juga bakal belajar,,,,,hehehe

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. gan, klo nyambungin ke hp gmana ya caranya? apa bisa?
    soalnya saya ada bekas monitor leptop mau di pake buat maen game klo bisa.

    BalasHapus
  34. gan kalau lcd bekas laptop dijadikan tv mobil gimana caranya... apakh lcd boardnya 12V?

    BalasHapus
  35. mas. mau nanya. misal lcd laptopku yang lenovo. mau tak jadikan TV mobil termasuk untuk nyetel vcd, gimana mas. kasih dong ilmunya, terimakasih banget

    BalasHapus
  36. oya termasuk alat apa saja yang di butuhkan

    BalasHapus
  37. bang klau signal lcd nya edp gimana bang

    BalasHapus
  38. mas leptop sy mother boarnya rusak mau manfaatkan lcd nya buat jadi layar tambahan komputer ( leptp lain) gimana?

    BalasHapus
  39. Kalo di pasang di lcd bekas dvd portable bisa ndak bos

    BalasHapus
  40. kalau pakai panel lcd bekas pc all in one bisa tidak pak

    BalasHapus
  41. BRO SAYA PUNYA ACER ASPIRE DATA SHEET NYA B141EW04, APA ADA universal-lcd-controller-board-tv kalo ada, berapa harganya dan link nya..mohon bantuan

    BalasHapus
  42. Mas mo tanya, klo lcd laptop di hubungkan ama dvd player trus di pasang di mobil apa yg harus saya beli, rencana mau buat monitor cd dlm mobil aja, gak utk tv,,, makasih sebelumnya,,,😁😁🙏🙏🙏

    BalasHapus
  43. Kalau bekas laptop axiok m54v bisa gak om..

    BalasHapus